RSS

Cara Mengatasi Beberapa Masalah pada Tubuh Secara Alami



A. Mengatasi Jerawat

Berikut beberapa cara tradisional/alami yang bisa kalian coba:
Read More>>


  1. Bawang Putih
  2. Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Cara ini cara yg paling efektif, namun untuk jerawat  yang sudah pecah akan terasa perih. Sedangkan cara kedua adalah dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari. Banyak yang mengatakan kedua cara ini cukup efektif, namun bagi kalian yang tidak menyukai bau bawang putih mungkin lebih baik menempuh cara yang lain.
  1. Putih Telur

  2. Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.
  3. Pasta Gigi
  4. Satu hal yang perlu diingat disini pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta(seperti Pepsodent) bukan yang bentuknya gel(seperti Close Up). Caranya hampir sama denga kedua cara di atas. Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman/sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.
  5. Lidah Buaya
  6. Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika kalian cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mengering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Sekali lagi kuncinya hanya satu, TELATEN!
  7. Tomat
  8. Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam(blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.
  9. Lemon/Jeruk Nipis + Air Mawar
  10. Lemon, jeruk nipis dan buah-buah sebangsanya mengandung citric acid yang sangat kaya, dimana citric acid ini sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya yaitu dengan mencampurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang cukup luar biasa.
B. Mengatasi Rambut Rontok

  1. Madu + Serbuk Kayu Manis + Minyak Zaitun

    Campurkan 1 sdt serbuk kayu manis, 1 sdm madu dan minyak zaitun secukupnya. Aduk sampai benar-benar rata, lalu oleskan pada seluruh kulit kepala (Bukan rambut)

  2. Lidah Buaya

    Ambil lidah buaya yang berukuran besar dan berdaging tebal. Belah menjadi dua bagian, ambil dagingnya. Lumuri seluruh bagian kepala (terutama kulit kepala) dengan dangingnya yang boleh juga dihancurkan. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian cucilah sampai bersih.Lakukan secara rutin 2 kali seminggu.
C. Mengatasi Bibir Kering

  1. Minyak Zaitun

    Dengan minyak zaitun, ada dua cara yaitu cara pertama, sebelum mandi oleskan minyak zaitun pada bibir. Diamkan sampai kering. Selain minyak zaitun, juga bisa digunakan minyak cengkeh yang mengandung senyawa antiseptik. Cara kedua, campur minyak zaitun dengan gula sampai berbentuk adonan. Oleskan campuran pada bibir. Lalu sikat dengan sikat gigi lembut.

  2. Madu

    Campur madu dengan gula dan lakukan hal yang sama seperti di atas. Anda akan mendapatkan bibir lembut dan halus.
 D. Mengurangi Kantung Mata Hitam
Bahan alami juga bisa digunakan untuk mengurangi kantung mata yang disebabkan oleh faktor luar, seperti kelelahan dan paparan sinar matahari. Berikut ini di antara bahan alami yang bisa digunakan:
  1. Teh Celup

    Teh celup ada yang mengandung kafein, seperti teh hijau dan teh hitam. Ada juga teh herbal, seperti teh chamomile. Teh hitam dan teh hijau mengandung tannin yang merupakan zat alami dari teh, yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan menarik kulit. Dengan begitu, pembuluh darah akan lancar, sehingga dapat mengurangi pembengkakan di sekitar mata.Caranya: Ambil dua kantung teh, kemudian celupkan ke dalam air yang telah mendidih. Biarkan selama 3-5 menit, kemudian angkat dan diamkan hingga dingin. Selanjutnya, bungkus dengan kain tipis. Berbaringlah, pejamkan mata dan letakkan masing-masing kantung teh tersebut ke masing-masing mata. Diamkan selama 5-15 menit, kemudian angkat dan bersihkan kedua mata.

  2. Bengkoang

    Bengkoang mengandung vitamin B1 dan vitamin C yang mampu memberi nutrisi pada kulit. Sifatnya yang dingin juga mampu menyegarkan kulit, sehingga bengkoang juga dapat mengatasi kantung pada mata yang kadang mengalami pembengkakan maupun berwarna lebih gelap. Zat pemutih yang terkandung dalam bengkoang juga dapat mengurangi lingkar bawah mata yang gelap. Caranya: Kupas dan bersihkan satu buah bengkoang ukuran sedang. Parut halus, kemudian bubuhkan tipis-tipis pada area bawah mata. Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian angkat bengkoang parut tersebut, bilas area bawah mata tersebut menggunakan air biasa. Selain diaplikasikan secara langsung, bengkoang juga dapat dibuat masker. Caranya hampir sama, namun untuk mendapatkan tepungnya, setelah diparut harus diendapkan dulu hingga tinggal tepungnya saja. Setelah tepungnya mengendap, sisihkan dan ambil sedikit dengan mencampur sedikit air sebelum dibubuhkan pada area bawah mata. Lakukan treatment ini secara rutin seminggu dua kali.

  3. Kentang

    Kentang mengandung pati cukup tinggi. Dalam pati itu sendiri terkandung asam sitrat dan asam fosfat, yang ammpu mengatasi kulit yang memerah, dan baik digunakan untuk meringankan peradangan atau inflamasi. Karena itu, kentang cocok digunakan untuk mengurangi kantung dan lingkaran gelap di seputar mata. Namun kentang tidak mengandung astringent yang mampu mengurangi bengkak. Caranya: Ambil satu buah kentang yang telah dikupas dan dibersihkan, parut hingga halus. Bungkus menggunakan kain tipis perutan kentang tadi, kemudian letakkan di area bawah mata pada posisi berbaring. Diamkan selama 15 menit hingga terasa rileks. Angkat dan bersihkan area tadi. Lakukan treatment ini rutin seminggu tida kali.

  4. Air Es

    Air es tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat membantu mengurangi kantung mata dalam waktu singkat. Misalnya, ketika anda akan menghadiri pesta dan melihat bagian amata tampak berkantung, air es bisa anda gunakan untuk menguranginya. Caranya; Ambil es batu berukuran sedang, bungkus menggunakan kain tipis. Rebahkan badan dan letakkan balok tersebut di sekitar mata. Diamkan selama 15 menit. Angkat dan anda akan melihat mata menjadi lebih segar.

  5. Mentimun

    Mentimun berguna sebagai penyegar atau astringent yang dapat melancarkan peredaran darah di area sekitar mata. Mentimun juga mampu meringankan iritasi dan sembab pada mata karena kurang tidur atau terjaga di malam hari. Caranya: Iris mentimun tipis-tipis, ambil dua iris kemudian kompreskan pada mata yang terpejam. Diamkan irisan mentimun itu menempel pada mata sekitar 15 menit hingga airnya meresap ke dalam kulit area mata. Selanjutnya bersihkan dengan air dingin hingga bersih.

  6. Minyak Almond

    Minyak almond mengandung vitamin E cukup tinggi, yaitu 24 miligram per 100 gram. Minyak almond dapat melembutkan kulit serta memperbaiki tekstur kulit yang mengendur. Seperti halnya pada area bawah mata yang agak gelap dan berkantung. Dengan pemijatan rutin menggunakan minyak almond, kantung di bawah mata bisa berkurang, karena peredaran darah semakin lancar. Caranya: Teteskan sekitar 2-3 tetes minyak almond pada kedua telapak tangan. Kemudian pijat secara perlahan area bawah mata yang tampak berkantung. Pijatan ringan tersebut akan membuat kulit tertarik, sehingga mata yang semula berkantung menjadi berkurang. Lakukan treatment itu setiap hari selama tiga minggu, terutama setelah bangun tidur pagi hari.
E. Mengatasi Bau Badan
  1. Daun Sirih

    Rebus 1-2 daun sirih, lalu minumlah 1 gelas dalam 1 hari

  2. Daun Kemangi

    Makan daun kewangi minimal 7 daun setiap hari

  3. Mentimun

    Iris sedikit bagian mentimun lalu tempelkan ke tempat yang yang paling menyebabkan bau badan

  4. Memakai deodoran yang terbuat dari bahan alami tanpa alkohol
     
  5. Kurangi makanan yang berlemak dan pedas dan meminum minuman yang mengandung kafein (kopi)
F. Menghilangkan Ketombe

  1. Soda Kue

    Basahi sedikit rambut anda. Ambil soda kue secukupnya dan gosokkan ke kulit kepala anda. Kemudian bilas dengan baik sehingga semua soda hilang dari rambut anda. Lakukan hal ini beberapa kali. Pada awalnya, rambut anda mungkin akan sedikit kering. Tapi setelah satu minggu anda akan melihat perbedaannya. Kulit kepala anda akan memproduksi minyak secara alami, membuat rambut anda lembut kembali dan ketombe anda akan hilang.

  2. Jeruk Nipis

    Siramkan 2 sdm air jeruk nipis ke kepala anda. Remas-remaslah rambut dan kulit kepala anda. Ambil segelas air dan tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya, lalu siramkanlah ke rambut Anda. Bilaslah dengan air setelah beberapa menit. Kepala Anda akan berbau harum, segar dan ketombe anda pun menghilang. Ulangi beberapa kali sampai ketombe anda benar-benar hilang.

  3. Garam

    Ambil garam sebelum anda mencuci rambut anda. Taburkan dan gosok kulit kepala Anda dengan garam. Bilaslah setelah beberapa saat dan bersihkan rambut anda dengan sampo.

  4. Santan Kelapa

    Campur santan dari setengah buah kelapa, satu gelas jus buah nanas, perasan jeruk nipis dan satu setengah gelas air kelapa. Aduk secara merata. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap lima hari sekali. Bersihkan dengan sampo setiap kali melakukannya.
Thanks for reading :) Leave a comment please ;) Don't forget to follow yaaw u,u


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar